Posts Subscribe to This BlogComments

Display

Data Penangkar Burung

Informasi dan kemajuan komunitas penangkar burung, mohon informasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif Baca selengkapnya

Featured

Pesanggrahan Langenharjo

Berlokasi di sebelah utara Sungai Bengawan Solo. Pesanggrahan Langenharjo didirikan oleh Sunan Paku Buwono IX tahun 1870 dan dilanjutkan oleh Sunan Paku Buwono X. Konon tempat ini digunakan oleh keluarga Kasunanan Surakarta untuk istirahat. Pesanggrahan Langenharjo, terletak di sisi utara sungai Bengawan Solo tepatnya berada di Desa Langenharjo, Rt 03 Rw II Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Tempat ini didirikan memang dekat dengan Bengawan Solo sehingga pada saat terlaksananya pelurusan sungai Bengawan Solo tempat ini menjadi terpotong pada bagian depan sebelah kanan. Saat ini tepatnya di pinggir Bengawan Solo yang hanya dibatasi oleh tanggul untuk mencegah banjir saat meluapnya Bengawan Solo. tempatnya mudah dijangkau, karena berada di lintas jalan menuju jurusan Wonogiri sehingga apabila dari jembatan Bacem tinggal berjalan menyusuri tanggul kearah barat.

Pada awalnya bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Paku Buwono IX pada tahun 1870. Namun, pesanggrahan ini baru diselesaikan pembangunannya oleh Susuhunan Paku Buwono X pada 15 Juli 1931. Hal ini bisa dilihat pada kolam air hangat di Pesanggrahan Langenharjo yang tertulis “PB X 15-7-1931”. Pada awalnya, fungsi dari bangunan ini disesuaikan dengan namanya, yang secara eksplisit dapat diartikan sebagai “Tempat persinggahan yang bersuasana nyaman dan damai”, tempat ini dahulu sering digunakan sebagai tempat berekreasi para keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta. Dengan mandi pada kolam air hangat yang ada disitu.

Selain sebagai tempat berekreasi, pada awalnya tempat tersebut juga digunakan sebagai tempat meditasi sang Raja. Hal ini dapat ditemukan dengan adanya ruang yang bernama Sanggar Pamujan, ruangan tersebut khusus digunakan sebagai tempat untuk bersemedi atau tapa brata, demi mendapatkan ilham atau wangsit dalam mengambil keputusan penting yang yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi raja atau masyarakat.
Ruangan-ruangan lain yang yang juga terdapat dalam Pesanggrahan tersebut antara lain Pandapa Prabasana, Kuncungan, ndalem ageng, pendapa pangkuran, gudang senjata, ruang tamu, kaputren, dan kasatrian. Tidak lupa kolam pemandian air hangat yang terletak di belakang bangunan
Selain itu, tempat tersebut juga menyimpan berbagai benda-benda peninggalan Kraton Kasunanan. Saat ini yang paling meonjol adalah ditempatkannya kerangka kapal Jaka Tingkir yang pada tahun 2007 telah ditemukan di sekitar sungai Bengawan Solo di wilayah Serenan, Sukoharjo. Meskipun kerangka kapal tersebut sudah tidak utuh lagi, paling tidak ada bukti sejarah yang nyata. Bahwa kabupaten Sukoharjo memang menyimpan sejarah yang patut ditularkan kepada generasi yang akan datang.
Pesanggrahan  Langenharjo ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi sejarah karena nilai tinggi yang terkandung di dalamnya, begitu pula dengan bagian belakang yang berdekatan dengan pemandian cukup nyaman apabila dimanfaatkan untuk santai melepas kejenuhan karena adanya pohon beringin besar yang sangat lebih dari cukup untuk menimbulkan suasana nyaman.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

You Welcome ..!

Tingkatkan kualitas burung gacoan anda dengan kompetisi yang fair & nyamanLA Area

Wahana Kicau Mania LA Bertempat di Pemandian Air Hangat Langenharjo, Grogol, Sukoharjo sebagai tempat menguji kemampuan Burung Kicauan dan ajang silahturahmi semua penggemar Kicau Mania.. Baca selengkapnya

Recent Comment

.

Recent Post

.

Hotspot

 

Atribute

Music Therapy Kicauan . Google PageRank Checker .

Pengikut