Posts Subscribe to This BlogComments

Display

Data Penangkar Burung

Informasi dan kemajuan komunitas penangkar burung, mohon informasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif Baca selengkapnya

Featured

Larung Getek Joko Tingkir

Karena rumah berdekatan dengan Pesanggrahan Langenharjo tidak ada salahnya saya coba memunculkan kembali tentang prosesi Larung Getek Joko Tingkir. Tradisi ini merupakan prosesi tahunan yang pelaksanaannya di dua tempat yaitu di TST Jurug dan kadang di Pesanggrahan Langenharjo,
Pilihan ini mungkin paling tepat dikarenakan tonggak sejarah Keraton Solo cukup melekat berkaitan dengan Joko Tingkir, mungkin saja ada tempat lagi yang memungkinkan mengingat sungai Bengawan Solo merupakan sungai yang cukup panjang hampir sekitar 548,53 km. Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa yang bersumber dari Pegunungan Kidul, Wonogiri dan melintasi dua wilayah administratif propinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Daerah yang dilewati sungai tersebut di antaranya ialah Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Solo, Sragen, Ngawi, Blora, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan bermuara di daerah Gresik.
Kembali ke Prosesi Larung Getek Joko Tingkir, Tradisi tahunan ini bertujuan untuk mengenang kisah perjalanan Joko Tingkir ketika menyusuri Sungai Bengawan Solo, selain itu ditujukan juga untuk lebih memikat daya tarik wisatawan, dalam tradisi Larung Getek Joko Tingkir ini, diperankan beberapa artis/tokoh terkenal. Berikut yang saya ikuti diperankan oleh GRM Paundrakarna Sukmaputra (artis Sinetron yang juga cucu mantan Presiden Soekarno), pelaksanaan prosesi budaya tersebut mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Solo. Ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang berjubel area Pesanggrahan Langenharjo, rumah sayapun juga jadi sasaran parkir kendaraan, dari kejauhan terlihat juga Jembatan Bacem dipenuhi penonton sehingga cukup membuat kemacetan, tradisi ini memang menyita banyak perhatian terutama masyarakat di sepanjang aliran Bengawan Solo yang dilewati oleh arak-arakan prosesi tersebut.




Prosesi Larung Ageng Gethek Joko Tinggkir itu sendiri, dimulai sekitar pukul 07.00 WIB saat Paundra berpamitan kepada pemangku Pura Mangkunegaran, didampingi peraga Ki Ageng Panjawi dan Ki Ageng Pemanahan. Setelah itu, rombongan yang dikawal prajurit Mangkunegaran menuju Keraton Solo dan diteruskan menuju Pesanggrahan Langenharjo, Sukoharjo.
Kedatangan rombongan Jaka Tingkir beserta pengombyong di pesanggrahan, disambut dengan gending Manguyu-uyu dan Tari Gambyong. Mereka diterima peraga Ki Ageng Majasta dan Ki Ageng Banyubiru. Acara kemudian diteruskan dengan pembacaan sambutan ketua panitia pelaksana Larung Ageng Gethek Joko Tingkir Gembong Supriyanto sambutan Bupati Sukoharjo Bambang Riyanto SH, dan wakil dari Keraton Kasunanan, GRAy Koes Moertiyah. Upacara pemberangkatan kemudian ditutup dengan pembacaan kisah Jaka Tingkir oleh KRHT Kalingga Hanggapura beserta doa.
Perjalanan dimulai setelah Pengageng Parentah Keraton Solo GPH Dipokusumo memberikan satang (dayung) kepada GRM Paundra selaku pemeran Joko Tingkir diiringi Tari Gambyong Pareanom. Sebelumnya, GPH Dipokusumo membuka selubung Canthik Rajamala yang berada di haluan salah satu perahu beserta iring-iringan. Iring-iringan akhirnya berangkat sekitar pukul 09.30 WIB ditandai penabuhan gamelan Pencon di atas perahu Rajamala
Perjalanan Larung Ageng Gethek Joko Tingkir itu sendiri menempuh jarak sekitar 30 km. Dibagi menjadi dua bagian, yaitu jalan air dan jalan darat. Pada awal pemberangkatannya dari Pesangngrahan Langenharjo hingga taman Ronggowarsito Jurug “Joko Tingkir” berdiri diatas gethek /rakit bambu sambil memegang satang.
Perjalanan kemudian diteruskan menuju Butuh Sragen, setelah KRHT Tanoyo beserta Walikota Solo dan jajaran Muspida Solo melepas rombongan. Iring-iringan yang sebanyak 16 perahu itu dipandu perahu dari Polres Wonogiri menuju Desa Butuh. Sesampainya di lokasi dekat makam orang tua Jaka Tingkir yang bernama Kebo Kenanga itu, Bupati Sragen yang memerankan Kyai Ageng Butuh menyambut dengan sebuah upacara dan hiburan tarian massal Jaka Tingkir.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

You Welcome ..!

Tingkatkan kualitas burung gacoan anda dengan kompetisi yang fair & nyamanLA Area

Wahana Kicau Mania LA Bertempat di Pemandian Air Hangat Langenharjo, Grogol, Sukoharjo sebagai tempat menguji kemampuan Burung Kicauan dan ajang silahturahmi semua penggemar Kicau Mania.. Baca selengkapnya

Recent Comment

.

Recent Post

.

Hotspot

 

Atribute

Music Therapy Kicauan . Google PageRank Checker .

Pengikut