Posts Subscribe to This BlogComments

Display

Data Penangkar Burung

Informasi dan kemajuan komunitas penangkar burung, mohon informasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif Baca selengkapnya

Featured

Persian Canary

Pepatah mengatakan bahwa semakin kita mempelajari sesuatu, kita akan merasa semakin bodoh. Dari berselancar di web ini, saya tertantang untuk mempelajari lebih lanjut segala sesuatu tentang burung kenari. Pada pertama kali saya berpikir bahwa tolok ukur burung kenari adalah negara-negara Eropa dimana mereka adalah cikal bakal peternak dan pencetak burung kenari. Dengan pengetahuan dan kreatifitas mereka berhasil mengembang-biakkan dan mencetak jenis baru. Seiring perkembangan jaman, burung kenari menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Adalah peternak Amerika Serikat yang juga berhasil mencetak kenari penyanyi baru yang diberi nama American Singer Canary dan di jenis kenari postur mereka juga berhasil mencetak Columbus Fancy Canary. Saya mengira jenis kenari lamban berkembang, ternyata jenis kenari baru selalu ditemukan dan hal ini adalah angin segar bagi dunia kenari. Tidak kalah dengan peternak kenari dari dunia Barat, peternak di negara Iran telah eksis mencetak jenis kenari baru. Mereka menemukan dua jenis yakni kenari postur dinamakan Rasmi Canary dan kenari penyanyi yang dinamakan Persian Singer Canary!!! Kedua jenis kenari ini akan saya tulis seperti di bawah ini…
PERSIAN RASMI
Hobiis kenari di Iran memelihara berbagai jenis kenari, lebih lanjut lagi mereka berternak kenari hybrid atau jenis baru yang mereka ciptakan, yakni Rasmi. Seluruh peternak dianggap sebagai ‘penemu’ jenis ini. Hal ini membuat jenis ini semakin popular di seluruh peternak kenari di Iran. Persian Rasmi adalah hasil persilangan antara kenari jenis Yorkshire dan Giboso. Setiap peternak mencoba untuk membuat standar atau pakem yang selalu berkembang selama penelitiannya, kemudian hal ini diperlukan untuk menyediakan informasi yang dapat ditukarkan ke sesama peternak.
Sebagai gambaran induk Persian Rasmi, dibawah adalah foto kenari jenis Yorkshire:

dan ini adalah kenari jenis Giboso yang dikawin-silangkan dengan Yorkshire:

Rasmi diklasifikasikan menjadi tiga kelas: kelas A, kelas B dan kelas C. Kelas A adalah kenari yang dipelihara oleh peternak kenari profesional. Kelas B adalah kenari yang dipeihara oleh peternak semi profesional. Kelas C adalah kenari yang dipelihara oleh amatir. Kenari kelas A bernilai mahal dan peternak profesional mencoba untuk mempromosikan standar kenari ini menuju tingkat yang ideal dan tentunya penelitian ini memakan waktu 5 sampai 6 tahun. Standar ideal kenari jenis Rasmi ini belum didaftarkan atau tertulis hitam di atas putih karena karakteristiknya yang khas dan kompleks, untuk itu masalah ini selalu didiskusikan oleh peternak di setiap adanya kontes.

Hobiis Persian Rasmi adalah bagian dari kelompok pecinta burung kenari yang juga adalah penemu atau peternak kenari jenia Persian Singer tetapi mereka berganti haluan dan memfokuskan diri untuk berternak Rasmi sekitar 50 tahun yang lampau. Sejak saat itu banyak usaha dilakukan untuk mencetak Rasmi yang lebih baik. Rasmi diternak bukan sebagai kenari penyanyi tetapi untuk kenari postur. Mereka mempunyai berbagai macam warna tetapi peternak condong untuk berternak Rasmi dengan warna putih dan kuning. Kenari Rasmi dikonteskan dengan sangkar ukuran 50x30x40 cm.

PERSIAN SINGER DAN MOGHOOM
Setelah melakukan penelitian yang mahal dan mempelajari berternak kenari serta selalu berkonsultasi dengan pakar burung, peternak memutuskan untuk mempraktekkan seluruh teori, pengetahjuan dan pengalamannya. Untuk itu, sudah lebih dari 20 tahun peternak memulai untuk berternak kenari selain daripada juga berternak kenari jenis Yorkshire, Giboso, Gloster, Gibber, Frill, Rasmi (jenis kenari yang diternak dan ditemukan di Iran). Hal ini adalah cerita pendek dari Persian Singer!
Persian Singer dengan nyanyiannya (moghoom) menjadi populer di Iran dan terkenal di dunia. Seperti musik tradisional Iran yang mengagumkan dan sebagai rasa hormat bagi kebudayaan Iran; Moghoom juga mengagumkan dan diperhatikan oleh seluruh pecinta dan peternak kenari di Iran. Hal ini adalah lagu kenari yang paling popular di Iran dan dinamakan Moghoom. Moghoon berarti kelas atas. Tidak hanya Moghoom popular di Iran tetapi juga terkenal di dunia dan banyak pecinta dan peternak kenari ingin mengenal misteri mengapa Moghoom menjadi terkenal dan popular, dimana dinyanyikan oleh Persian Singer Canary.
Persian Singer tidak termasuk jenis yang berbeda tetapi mempunyai karakteristik unit yang mana peternak harus bisa memilah-milah mereka untuk mencetak seekor Persian Singer. Hal ini berarti setiap jenis kenari dengan karakteristik istimewa dapat dilatih menjadi Persian Singer tetapi tentunya di bawah pemasteran khusus.




Pemasteran menjadi efektif dengan hanya dimulai dengan anakan yang mempunyai karakteristik istimewa sebagai berikut: Peternak harus memilih beberapa anakan berumur 24 hari dan sudah dapat dipisah dari induknya yang telah berusia 3 tahun atau lebih. Setiap anakan berumur 24 hari harus mempunyai bentuk tubuh yang pendek dan lebar, berbulu tebal dan berwarna pudar, berkepala besar, mata yang besar dan melotot, dada yang bidang dan ada bulu yang bengkok di daerah tenggorokannya. Persian Singer harus mempunyai kepala yang besar dan dada yang lebar untuk dapat menyanyikan Moghoom dengan elegan dan menawan. Persian singer dapat bernyanyi dengan nada bass dan bervolume keras.
Setelah memilih anakan dengan karakteristik di atas, kemudian anakan akan melalui proses pemasteran. Proses pemasteran dibagi menjadi 2 periode, periode pertama adalah memelihara anakan yang telah dipilih dalam sangkar soliter dan diletakkan di atas lantai dalam ruangan kosong, kemudian seekor Persian Singer yang telah dewasa dan berlagu bagus ditaruh di atasnya, anakan akan mendengarkan Persian Singer yang menjadi master selama 3 bulan. Setelah 3 bulan diadakan penyortiran anakan yang bisa menyanyikan Moghoom dan dipisah dengan anakan yang tidak dapat dididik.
Periode kedua atau periode penyempurnaan, anakan yang dapat menyanyikan lagu Moghom tadi dijejerkan dengan Persian Singer master dan disekat agar tidak saling melihat, hal ini diperlukan agar tidak mengganggu sewaktu bernyanyi. Kemudian kenari akan diletakkan seperti semula pada periode pertama agar dapat bernyanyi Moghoom. Biasanya mereka akan menjadi Persian Singer yang baik, perlu diketahui adanya beberapa kenari yang gagal di periode ini.




Beberapa tahun yang lalu, pecinta kenari memelihara kenari Persian Singer di dalam sangkar yang dikerodong dalam kontes di ruang minum teh, posisi kontes dengan cara digantung di dinding dan di atas lantai. Dalam kontes, Persian Singer dinilai oleh juri yang telah dilatih. Saat ini di dunia yang telah lebih modern, kontes diadakan di dalam ruangan yang lebih memadai. Sekarang jumlah peternak Persian Singer semakin bertambah dan berkembang dan banyaknya impor jenis kenari yang baru mengakibatkan proses pemasteran menjadi lebih sulit.
Tulisan di atas adalah sekilas informasi tentang perkembangan dunia kenari di Iran, kita mengetahui dunia politik di sana dan adanya perang di tahun 90an. Tetapi perlu digaris-bawahi bahwa hal itu semua tidak menyurutkan atau menghentikan para kenari mania dan peternak untuk mencetak jenis kenari yang baru. Sungguh sebuah peristiwa yang membuat kita menjadi iri dan mengharuskan kita untuk bersatu demi dunia kenari di masa yang akan datang.

Ditulis oleh : Kian Sing

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

You Welcome ..!

Tingkatkan kualitas burung gacoan anda dengan kompetisi yang fair & nyamanLA Area

Wahana Kicau Mania LA Bertempat di Pemandian Air Hangat Langenharjo, Grogol, Sukoharjo sebagai tempat menguji kemampuan Burung Kicauan dan ajang silahturahmi semua penggemar Kicau Mania.. Baca selengkapnya

Recent Comment

.

Recent Post

.

Hotspot

 

Atribute

Music Therapy Kicauan . Google PageRank Checker .

Pengikut