Posts Subscribe to This BlogComments

Display

Data Penangkar Burung

Informasi dan kemajuan komunitas penangkar burung, mohon informasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif Baca selengkapnya

Featured

Desa Pogog Menuju Desa Wisata Buah 2014

Profil satu ini memang lain dari yang lain, aktifitasnya dalam kepedulian lingkungan dan sosial sangat luar biasa, adalah Mas Jajay yang dikenal dengan Mas Jiwo Desa Pogog yang telah jatuh hati pada tempat dimana dia pernah melakukan KKN. Desa Pogog yang tertinggal dan kurang berkembang kini menjadi lebih mapan, benarkah KKN virtual yang dilakoninya didapat tanpa hambatan, tentu saja tidak. berikut beberapa aktifitasnya yang mungkin perlu mendapat perhatian dan support.
Desa Pogog terletak di lereng gunung Lawu (Jawa Tengah) di bagian sisi tenggara. Desa ini kering, tertinggal dan kurang berkembang. Pada tahun 1993, saya bersama sebuah tim yang beranggotakan 16 orang dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 2 bulan. Pada tahun 2003, saya semakin intensif menjalin kontak dengan warga desa Pogog sejak itu pula saya melihat adanya peluang pengembangan perekonomian warga dan potensi di desa tersebut yang warganya selalu bersemangat untuk berdikari dan tetap ceria dalam keterbatasan.
Sejak saat itu pula saya mulai menjalankan program KKN lagi untuk desa Pogog walau kini seorang diri. Kesemuanya itu saya lakukan seorang diri, tenaga, biaya dan pemikiran serta kemampuan saya sendiri. Diantara sekian kegagalan ada satu hal yang sepertinya menjanjikan keberhasilan, yakni budidaya agrobisnis.
Terkait dengan perkataan di atas bukan tanpa bukti, banyak kegiatan telah dilaksanakan seperti pepayanisasi yang sempat mendapat perhatian media, perpustakaan untuk menopang kecerdasan desa, dan banyak hal yang mungkin merupakan ide yang cemerlang meskipun kadang terkesan gila gilaan, bayangkan bagaimana dapat merubah suatu tatanan ekonomi yang menopang kehidupan desa dari menanam singkong dan jagung menjadi pepaya, tentunya ini butuh waktu dan tenaga. 4.000 batang bibit dan menjangkau 53 orang petani (update data Nov ’08) bukan jumlah yang sedikit, belum lagi 625 polybag durian montong yang telah diserahkan untuk dikelola, juga pengadaan hewan Qorban yang sudah dilakoninya sejak tahun 2004, dan sekarang di tahun 2009 ini masih dipercaya menyalurkannya kepada desa-desa yang alam lingkungannya termasuk daerah yang kering dan tandus dan lebih sedikit memiliki hasil budidaya pangan.
Lalu apa yang terkait dengan wisata buah yang direncanakan, salah satunya perkiraan durian montongnya akan berbuah di tahun itu. Segala sesuatu yang diproyeksikannya sudah banyak terbukti, karenanya dengan wisata buah 2014 dijadikan media untuk menjemput impian, sehingga pada tgl.1 Maret 2009 sudah terkirim ke desa Pogog sebanyak 625 bibit durian Montong dan dikatakan kepada warga desa bahwa : “Hari ini, 1 Maret 2009, impian yang tergantung di awang-awang telah diturunkan satu meter dari ketinggiannya bersamaan dengan diterimanya bibit durian di desa Pogog”



Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

You Welcome ..!

Tingkatkan kualitas burung gacoan anda dengan kompetisi yang fair & nyamanLA Area

Wahana Kicau Mania LA Bertempat di Pemandian Air Hangat Langenharjo, Grogol, Sukoharjo sebagai tempat menguji kemampuan Burung Kicauan dan ajang silahturahmi semua penggemar Kicau Mania.. Baca selengkapnya

Recent Comment

.

Recent Post

.

Hotspot

 

Atribute

Music Therapy Kicauan . Google PageRank Checker .

Pengikut