Posts Subscribe to This BlogComments

Display

Data Penangkar Burung

Informasi dan kemajuan komunitas penangkar burung, mohon informasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang positif Baca selengkapnya

Featured

Waspadai Bonus Tungau Merah pada Kenari

Tungau Merah
Sengaja dengan judul menggelitik, ini memang sering tanpa disadari saat mendatangkan kenari ‘baru’ di tempat kita. Beberapa rekan sudah mengamati hal ini dengan melihat sekilas kondisi bulu burung. Mungkin hal yang sering dilupakan bahwa bulu yang sudah bagus dianggap sudah terbebas dari gangguan tungau (kutu). Dalam perawatan kenari ‘baru’ dianjurkan untuk melakukan karantina seperlunya, hal yang masuk akal bahwa langkah ini sebagai antisipasi dari berbagai gangguan bawaan, sekaligus pula bisa dijadikan sarana pengamatan untuk membedakan kualitas burung yang sudah kita punyai dengan burung yang baru datang.

Tungau Merah ujudnya seperti layaknya tungau padi namun berwarna merah dan kelihatan lebih besar dari tungau lain yang sering menyerang kenari. Lihat gambar yang sempat saya ambil, tungau ini seakan badannya penuh dengan darah yang bening.Beberapa analisa menyebut tungau ini dengan julukan Kutu Penghisap Darah, kebenarannya sayapun kurang mengerti, yang saya tahu beberapa kasus kematian mendadak setelah saya periksa ditemukan jenis tungau ini bergerombol pada satu tempat dan badannya gemuk seakan memang berisi darah.

Beberapa pendapat juga meyakini bahwa tungau merah merupakan kutu yang paling berbahaya dan pemelihara wajib ambil langkah segera untuk membasminya. Tungau ini mampu membawa kematian dengan cepat dalam hitungan jam, karenanya beberapa gejala juga perlu kita waspadai. Banyak kejadian burung yang beberapa jam sebelumnya mampu bernyanyi indah tiba tiba mati, burung tiba tiba terjatuh dari tangkringan dan kelihatan limbung. Mungkin pemilik boleh menafsirkan sendiri penyebab kematiannya, tetapi tidak ada salahnya kita waspada, kondisi seperti ini juga berlaku pada burung yang sudah terkena serangan tungau merah. Tungau ini diyakini menggerombol dan secara periodik menyerang bersama sama.
Gejala yang mungkin kita kenali secara umum saat kenari kita mematuki bulu dengan tiba tiba, atau sering gelisah, kecenderungan ingin mandi saat melihat air ( meskipun malam hari ), bulu kusam dan perlahan tubuh kurus, ini merupakan gejala kutu pada umumnya.

Urut sesuai jam : Dari kritis sampai normal


Ada sedikit perbedaan dengan analisa jika terkena kutu merah, bulu burung mungkin tidak terlalu kusam tetapi bulu agak mengembang diikuti kurus dan dalam tempo yang lebih singkat. Terlambat menangani maka kematianlah yang menjemput. Secara teori tungau akan bergerak dari bawah keatas melewati atas tenggorokan dalam 1 kali 24 jam , karenanya pengobatan yang efektif dengan memberikan tetes pada tengkuk, hal ini juga memberikan efek pada pengobatan kenari yang mengalami gangguan tenggorokan. Namun untuk pengobatan burung yang terkena tungau merah ini disarankan untuk merawat secara lebih detail dan memperhatikan tempat yang sering dijadikan hunian tungau. ( baca : Resep kontraversi hadapi kutu)

Related Post



1 komentar:

  • Anonim

    wah bahaya ya makasih ya om infonya, sukses selalu

  • Posting Komentar

    You Welcome ..!

    Tingkatkan kualitas burung gacoan anda dengan kompetisi yang fair & nyamanLA Area

    Wahana Kicau Mania LA Bertempat di Pemandian Air Hangat Langenharjo, Grogol, Sukoharjo sebagai tempat menguji kemampuan Burung Kicauan dan ajang silahturahmi semua penggemar Kicau Mania.. Baca selengkapnya

    Recent Comment

    .

    Recent Post

    .

    Hotspot

     

    Atribute

    Music Therapy Kicauan . Google PageRank Checker .

    Pengikut